Kamis, 18 September 2008

perbedaan pocket PC, smartphone dan PDA


Sebagai konsumen, mungkin mulai merasa bingung dengan hadirnya berbagai macam solusi yang ditawarkan. Sekarang mari kita coba melihat perbedaan antara dua alat yang paling mirip penampilannya dan penggunaannya, sehingga Anda bisa membuat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Kedua alat ini adalah Pocket PC dan Smartphone.

Pocket PC atau yang bahasa umumnya PDA (Personal Digital Assistant) diciptakan pertama kali dengan tujuan sebagai sebuah alat yang cukup ringan (dibandingkan dengan sebuah laptop) yang bisa dibawa ke mana-mana dan dapat memuat sejumlah informasi penting. Informasi penting ini bisa berupa alamat relasi bisnis, daftar harga produk, maupun e-mail Anda. Dengan adanya Pocket Outlook, Pocket Word, Pocket Excel, pengguna PDA dengan mudah mensinkronisasi data penting di komputer kerja ke dalam Pocket PC.

Demikian juga setiap data yang diubah di Pocket PC dapat disinkronisasikan kembali ke komputer meja sehingga setiap data yang ada di komputer maupun di Pocket PC tetap konsisten. Penambahan wireless modem di Pocket PC memungkinkan Anda untuk langsung akses ke Internet di tempat yang menyediakan access point ke jaringan Internet. Atau Anda juga dapat menggunakan jasa layanan operator seluler untuk keperluan ini.

Hal yang sama juga bisa dilakukan bila memiliki modem WAN (Wireless Area Network) atau WLAN (Wireless Local Area Network), maka Anda bisa langsung tersambung dengan jaringan di kantor Anda. Mengenai keamanan, teknologi di Pocket PC sama dengan yang ada di komputer, misalnya password, authentication, encryption, application lock down, VPN, personal firewall, dan anti-virus protection. Sekarang malah ada Pocket PC yang sudah dilengkapi fingerprint swipe, atau pengenal sidik jari, sehingga Pocket PC hanya bisa dipergunakan oleh sang empunya.

Mengenai penampilannya, bagi Anda yang sering menggunakan komputer berbasiskan Microsoft Windows, maka tampilan Pocket PC pasti tidak asing lagi. Dengan satu tombol "Start", semua aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, Outlook dapat dijalankan seperti di komputer Anda. Untuk membaca Web, juga disediakan browser Internet Explorer.

Selain aplikasi standar di atas, Pocket PC juga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan aplikasi khusus perusahaan Anda, misalnya aplikasi approval process, project management, pemeriksaan barang dan sebagainya sehingga pekerjaan Anda tetap dapat diselesaikan pada saat bepergian.

Smartphone mungkin masih agak asing karena memang produk yang satu ini belum diluncurkan di Indonesia. Yang telah menikmati Smartphone hanya sebagian penduduk Eropa, karena belum lama ini Microsoft bersama Orange SA, salah satu operator ponsel di Inggris, memperkenalkan Microsoft Windows Powered SmartPhone pertama di dunia. Ponsel pintar ini diberi nama Orange SPV (Sound Pictures Video).

Perbedaan dasar Smartphone dengan Pocket PC antara lain bentuknya. Smartphone jauh lebih kecil dan lebih ringan dibanding Pocket PC. Ukuran layarnya adalah 176x220 pixel dibandingkan dengan Pocket PC yang berukuran 240x320 pixel. Dengan adanya perbedaan tampilan layar, kita bisa menyimpulkan bahwa fungsi utama Pocket PC adalah untuk data, sedangkan suara hanya pelengkap.

Sementara Smartphone adalah alat untuk komunikasi suara, namun diperkaya dengan akses informasi data. Untuk fasilitas data, Smartphone dilengkapi dengan Mobile Outlook untuk membaca e-mail dan Mobile Web untuk Internet browsing. Selain dapat menerima panggilan masuk dan SMS, seperti fungsi ponsel pada umumnya, Smartphone juga dapat menerima e-mail, dan juga dapat melakukan real time chatting dengan teman yang sedang online melalui MSN Messenger.

Karena konsep Smartphone adalah ponsel, maka untuk penggunaannya juga lebih mudah. Cukup dengan satu jari dan dua kali tekan, Anda bisa langsung akses ke data yang tersedia. Aplikasi lainnya yang tersedia antara lain Windows Media Player yang membuat Anda bisa memutar file lagu WMA, MP3, ataupun MPEG4, dan berbagai game menarik.

Perbedaan kedua alat teknologi bergerak (mobile technology) ini bisa disimpulkan bahwa jika Anda memang sering bepergian dan membutuhkan sebuah komputer kecil yang bisa dibawa-bawa, Anda bisa memilih Pocket PC. Tampilan layarnya (display) yang lebih besar memudahkan Anda untuk bisa membaca lebih jelas dokumen-dokumen Anda. Sementara bagi yang hanya membutuhkan sebuah ponsel dengan fungsi yang lebih banyak, maka Smartphone akan menjadi pilihan yang pas karena bentuknya yang kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana.


sumber : Ketty Budiarto Product Marketing Manager PT Microsoft Indonesia/kamis, 16 januari 2003 (www.google.com)



Tidak ada komentar: